Cara Mengecek Kiriman JNE Sudah Sampai Atau Belum

Ketika kita mendapat kiriman barang dari seseorang, pasti kita akan bertanya-tanya kalau barang tersebut telat kedatangannya. Apakah barang tersebut sudah sampai atau belum? Yang jelas hati akan selalu was-was. Sebenarnya dimana keberadaan barang kita. Dan tentu anda akan mencari tahu bagaimana cara cek kiriman JNE sudah sampai atau belum di internet. 

Di Indonesia ada beberapa jasa pengiriman barang yang cukup terkenal. Sebut saja Pos Indonesia yang tertua, lalu ada TIKI, kemudian JNE. Semua jasa pengiriman jasa yang saya sebut diatas mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Intinya, kalau mau bayar mahal, tentu kedatangan barang akan lebih cepat.

Di dalam postingan blog kali ini, saya mau berbagi informasi mengenai langkah-langkah cara cek barang JNE sudah sampai atau belum, atau cek barang JNE sudah sampai mana. Dengan mengetahui keberadaan barang kita, tentunya hati kita akan tenang ketika tahu statusnya. Oh iya, untuk mengetahui keberadaan barang anda, anda harus memegang nomor resi. Kalau anda tidak punya, mintalah resi dari si pengirim barang.

Oke, sekarang langsung saja kita simak panduannya. Berikut yang harus anda lakukan untuk cek paketan jne sampai mana :

1. Silahkan anda masuk ke website resmi JNE. Klik link ini http://www.jne.co.id/id/beranda

2. Pada halaman website JNE, carilah kolom "Lacak Kiriman", letaknya ada ditengah bagian kiri. Contoh gambarnya seperti dibawah ini.
Cara Mengecek Kiriman JNE Sudah Sampai Atau Belum
3. Silahkan memasukkan nomor resi anda ke dalam kolom "Lacak Kiriman", selanjutnya silahkan tekan tombol "Tracking".

4. Status barang anda akan muncul di halaman ini. Silahkan di lihat gambar dibawah ini, gambar tersebut statusnya adalah "On Proces" yang artinya barang masih dalam proses pengiriman.
Cara Mengecek Kiriman JNE Sudah Sampai Atau Belum

***

Nah, ada banyak istilah status kiriman barang seperti barang terlambat, barang tertukar, barang baru sampai di kantor, dll. Untuk mengetahui status kiriman barang anda, anda harus membaca dan memahami istilah yang ada didalam layanan "Lacak Kiriman" di JNE. Berikut ini adalah istilah-istilah status beserta penjelasannya.
  • On-Process: Sedang dalam proses pengiriman ke alamat yang dituju.
  • AU (Antar Ulang): Barang anda akan di antar ulang keesokan harinya karena tidak sempat terkirim di hari sebelumnya.
  • Criss Cross: Kondisi barang tertukar. Hubungi pihak jasa pengiriman, beri tau ciri pembungkus (jika tahu) dan detil alamat tujuan lebih lengkap lagi.
  • BA (Bad Address): Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dan sebagainya. 
  • AU (Antar Ulang): Barang tidak sempat diantar di hari sebelumnya.
  • Cnee Unknown: Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengantaran ke alamat tujuan. Hubungi pihak jasa pengiriman bila barang belum diterima.
  • Redelivery/RD: Barang telah diantar ulang ke alamat yang dituju.
  • On-Transit: Barang sedang transit di kota lain menuju kota tujuan.
  • Received On Destination: Barang telah sampai di kantor JNE kota tujuan dan akan dikirim ke alamat yang dituju.
  • AU to OPS: Barang yang sebelumnya belum sampai, akan dikembalikan lagi ke kantor JNE, kemudian akan dikirim lagi ke alamat tujuan yang lebih lengkap.
  • Manifest: Barang telah didaftarkan dan siap dikirim dari kantor JNE asal pengiriman.
  • Delivered: Barang telah sampai dan diterima di alamat yang dituju dan nama penerima barang telah dicatat.
Kawan, itulah tadi artikel dari nanapedia mengenai tata cara mengecek paket JNE sudah sampai atau belum. Sangat mudah dan cepat bukan? Sekarang anda tidak perlu was-was lagi kalau barang anda belum datang. Mungkin bisa jadi terlambat karena suatu hal, atau barang masih dalam proses pengiriman. Baiklah, terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel di blog ini.

1 Response to "Cara Mengecek Kiriman JNE Sudah Sampai Atau Belum"